Penaklukan Papua Oleh Tentara Dayak

Cerita Penaklukan Papua Oleh Tentara Dayak, merupakan sesuatu yang fenomenal apalagi sejarahnya masih belum jelas, Ide Artikel ini muncul setelah membaca kisah dari piet pagau disalah satu group facebook yang mengatakan sebagian masyarakat di papua masih mendapatkan cerita keganasan tentara Dayak yang secara turun temurun diceritakan pada anak-anaknya dan generasi muda.

Penaklukan Papua Oleh Tentara Dayak
Exspedisi Papua // Photo by N/A

Menurut cerita yang mereka dengar dan dapatkan dari para orang tua, Orang Papua sangat takut apabila berhadapan dengan tentara Dayak, karena pada saat itu orang Dayak sangat garang, beringas, kejam, Bahkan tidak segan-segan menghirup darah, memakan hati, memenggal kepala dan kemudian kepala-kepala tersebut dibawa pulang ke Tangsi/Markas Tentara Dayak.

Masuknya tentara Dayak dipapua dikarenakan tentara Belanda telah beberapa kali gagal menaklukan dan menduduki Papua. karena mendapat perlawanan sengit dari masyarakat Papua dan berujug tidak mendapatkan Hasil. Kegagalan pasukan Belanda masuk ke papua tersebut tidak membuat para pemimpin pasukan Belanda mati akal dan patah semangat, segala upaya telah dilakukan.

Para pemimpin pasukan Belanda yang cukup cerdik berupaya sekuat tenaga dan mencari akal untuk bisa masuk kepapua dan menahlukan papua akhirnya berhasil juga. Berbakal membawa satu pleton tentara Dayak, Pemimpin pasukan Belanda berhasil masuk kepapua dan menaklukan papua.

Mendenggar kisah penaklukan papua oleh tentara Dayak mungkin saja ada benarnya jika dilihat dari Ekspedisi Papua Selatan (1907) dalam rangka percobaan pertama dari 3 rangkaian ekspedisi Belanda dimana ada beberapa banyak orang Dayak ikut terlibat bahkan salah satu jalur pendakian waktu itu diberi nama yaitu Dayak Pass (Sebuah jalur untuk mereka yang pemberani) dan sekarang menjadi Freeport, Adapun Kebenaran cerita tersebut masih harus diuji secara ilmiah dengan melakukan riset pustaka dinegeri Belanda.

Referensi:
[1] dayak-side.blogspot.com, Kisah Pak Piet Pagau di Tanah Papua
[2] folksofdayak.wordpress.com, Dayak dalam expedisi Puncak Cartenz
[3] Sumber lainnya

2 comments:

  1. Bangga banget dah gw sebagai orang dayak hehe

    ReplyDelete
  2. @ Bang Lano Pratama : Sudah sepatut-nya bangga..

    ReplyDelete