Keindahan Busana Tradisional Dayak

Pulau Kalimantan bukan hanya memiliki keindahan dan kekayaan alamnya dengan sumber Daya alam yang melimpah, namun juga dihuni oleh masyarakat yang menjaga tradisi dan kebudaya warisan leluhur. Suku Dayak merupakan penduduk asli yang mediami kepualuan tersebut memiliki kekayaan budaya yang unik dan menarik untuk di teliti, disimak dan dikunjungi.

Keindahan busana tradisional // Photo by N/A

Salah satunya Keindahan busana tradisional masyarakat adat Dayak, Keindahan busana tradisional yang digunakan bisa ditemukan pada saat perayaan hari besar seperti saat perayaan pesta panen padi, Pekan gawai Dayak, acara pernikahan dan banyak lagi acara-acara adat yang diselengarakan oleh masyarakat Adat Dayak.

Dalam busana tradisional Setiap sub suku Dayak memiliki keunikan tersendiri yang merupakan ekspresi seni dan kekayaan intelektual yang bernilai tinggi. Busana tersebut terdiri dari elemen yang kaya dengan warna, bahan dan eksotisme, Elemen dasar yakni terdiri dari baju dan rok (khusus wanita). Dimana Pada setiap elemen dihiasi dengan motif simbol yang tersirat makna.

Elemen-element tersebut dibuat dari kain tenun yang diproduksi secara tradisional oleh perempuan perempuan Dayak. Pengetahuan desain dan merancang busana merupakan kekayaan budaya yang diturunkan dari generasi ke generasi dimana Warna dasar yang dominan adalah warna merah, hitam, kuning dan putih yang dipadukan sedemikian rupa hingga membuat orang-orang yang melihatnya berdecak kagum.

Selain busana dasar, kelengkapannya adalah ornament atau hiasan kepala yang dibuat dari bahan kain dan dikombinasikan dengan bulu burung enggang gading yang menjadi simbol kekuatan dan kelembutan atas penciptaan.

Beberapa jenis busana juga dibuat dari perpaduan bahan kain dan kulit kayu, warnanya lebih cenderung alami dan mengikuti warna aslinya. Balutan lembut dengan ornament kepala yang menutup halusnya kulit mulus dan menambah kecantikan gadis gadis Dayak yang bisa membuat mabuk kepayang. Tidak heran jikalau ada yang mengatakan kecatikan dan ketampanan kaum muda suku Dayak sangat luar biasa dan bukan sebuah mitos.

2 comments:

  1. Indah sekali ya mas apalagi itu cewenya aduh cantik banget :)
    Salam kenal ya

    ReplyDelete
  2. @Muhammad Luthfi Cantik itu relative mas, Setiap tempat pasti punya cuma mungkin yang berbeda mana yang lebh Dominan...
    = Salam kenal juga mas =

    ReplyDelete